Tuesday, January 15, 2019

Disamping Manfaat, Ada Juga Risiko Menggunakan Teknologi ‘Smart Home’



Memasak air, mengunci pintu rumah, menyalakan lampu, menghangatkan ruangan, semua kegiatan tersebut kini bisa dilakukan secara otomatis dan dari jarak yang jauh sekalipun. Caranya, dengan memanfaatkan teknologi rumah pintar atau smart home.

Banyak yang mengatakan bahwa rumah pintar bakal menjadi rumah di masa depan. Padahal sebenarnya tidak, kecanggihan teknologi smart home sudah dapat dinikmati sebagian masyarakat dunia, bahkan alat-alatnya pun kini sudah diproduksi massal.


Tak hanya pada rumah, pemasangan teknologi ini pun bisa dipasang pada gedung perkantoran. Hal ini dikarenakan alat yang digunakan bisa diaplikasikan di mana saja selama terkoneksi sinyal internet.

Semua kemudahan yang ditawarkan oleh produk smart home membuat hidup seseorang menjadi lebih mudah, eco-friendly dan hemat energi. Tapi menggunakan smart home bukan berarti tanpa risiko. Ada sejumlah hal yang bisa menjadi bahaya jika terlalu mengandalkan teknologi canggih ini dan penggunaannya yang tidak benar.

Berikut ini keunggulan dan risiko yang didapatkan jika menggunakan smart home.

1. Manfaat 'Smart Home'
Kegiatan di Rumah Menjadi Serba Mudah
Teknologi smart home dapat membantu kegiatan di dalam rumah menjadi lebih efektif dan juga memberikan rasa nyaman dan aman pada anggota keluarga ketika berada di dalam maupun luar rumah. Semua kegiatan bisa dilakukan hanya melalui smartphone.

Membantu Kegiatan Memasak di Dapur
Selain itu, teknologi smart home juga sangat membantu kegiatan memasak di dapur. Melalui aplikasi, dapur Anda dapat memainkan musik yang Anda sukai ketika memasak atau menampilkan cara memasak yang didapat dari internet untuk kemudian dimunculkan di layar televisi yang dipasang di dapur.
Selain itu, smart home juga dapat membantu untuk menghemat energi dan air yang digunakan saat memasak.

Memberikan Kenyamanan dan Relaksasi Ketika Berada di Kamar Mandi
Tak perlu jauh-jauh untuk relaksasi dan menyegarkan tubuh, dengan smartbathroom, relaksasi Anda bisa lebih menyenangkan di dalam rumah. Anda bisa mengontrol temperatur air yang mengalir dari shower, menghangatkan air, menyalakan musik kesukaan, dan mengatur pencahayaan di dalam kamar mandi. Smart home akan memberikan pengalaman mandi yang berbeda dari yang selama ini dirasakan.
2. Risiko 'Smart Home'
Pembajak
Semakin canggih teknologi yang terhubung dengan sinyal internet, maka tingkat kejahatan cyber pun memiliki celah untuk bisa menyelinap dan melakukan pembobolan data rumah. Hacker biasanya mudah menyerang melalui smartphone dan kemudian mengakses teknologi smart home Anda.
Hacker akan mencuri data-data pribadi anggota keluarga yang ada di rumah, selain itu hackers juga dapat mengendalikan sistem keamanan rumah dari jarak jauh melalui data-data yang dicurinya. Maka dari itu, tak sedikit para perusahaan teknologi yang terus mengembangkan sistem keamanan pada produk smart home yang dipasarkan.

Satu Smartphone untuk Semua Aktivitas
Memiliki smart home yang bisa dikendalikan dari smartphone yang Anda gunakan setiap hari memang bisa jadi hal yang memudahkan. Namun apa jadinya jika smartphone Anda tiba-tiba dicuri atau hilang. Hal ini tentu akan menyulitkan dan menyebalkan. Jika smartphone hilang, maka Anda akan kesulitan untuk masuk ke dalam rumah atau mengatur apapun yang telah menjadi kebiasaan sehari-hari.
Disarankan untuk selalu memiliki kunci cadangan agar tetap bisa masuk ke dalam rumah jika hal ini terjadi suatu saat nanti.


No comments:

Post a Comment

Lampu UVC Philips